Selasa, 13 Maret 2012

Belajar Membuat Foto HDR

Kali ini saya mw berbagi tentang cr merubah foto biasa menjadi foto yang dramatis,. istilah dalam bahasa jawa kuno nya High Dynamic Range (HDR).Saya paling suka sama foto dramatis, setelah saya bertapa sambil browsing, eh ternyata caranya sangat gampang,. lebih gampang dr memakai photoshop, yaitu dengan software Dynamic HDR (bisa download disini). Awalnya saya memakai 3 foto untuk dsatukan menjadi 1 foto HDR, tapi setelah saya bertanya ke temen, gimana cara buat HDR pake software dynamic HDR?? dy bilang ga usah pake 3 foto (sesuai instruksi dr software nya), pake 1 foto aja (pada software tersebut ada tutor untuk menggunakan 3 foto yang sama dengan nilai exposure nya berbeda).

Setelah saya coba menggunakan 1 foto saja, hasil nya seperti ini :
Hotel Bali Beach di Sanur (Bali), klihatan seperti akan terjadi kiamat disana. Caranya mudah sekali, download dl file nya, install. Buka softwarenya, lalu klik File-Create New HDRI. Setelah keluar opsi baru, klik add image, lalu cari file yang akan dijadikan foto HDR, setelah itu klik OK. Anda bisa pilih, Full HDR atau Pseudo HDR (saya pilih Full HDR), klik OK, jika memlih Pseudo HDR, akan langsung di arahkan menuju proses Toning, tapi jika memilih Full HDR maka step selanjutnya adalah klik Image - Tone Map HDR Image. Tone Map adalah tahap dimana akan mengolah foto anda menjadi HDR, pilih lah yang tepat menurut anda (Eye-catching, Ultra Contrast, dll) setelah itu sesuaikan tingkat saturasi, warnanya, ke-dramatisan foto, dll. Anda ingin otak atik lagi, lihatlah di kanan layar trdapat curve2, mainkan kurve tersebut (centang terlebih dahulu). Anda juga bisa sesuaikan dengan mengklik : light tuner, kevin dan atau match color. Klik Process untuk Finishing, dan tunggu hasil nya (akan lebih bagus jika dipermak lagi pada photosop)

Sekian dari saya, SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar: